WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang paling banyak dipakai oleh website yang ada di internet. Mulai dari website pribadi, perusahaan, sampai dengan website ecommerce yang melayani lalu lintas pengunjung yang tinggi.

Versi terakhir WordPress saat ini adalah versi 4.9. Jika estimasi waktu peluncuran tidak meleset, maka tanggal 19 November 2018 nanti kita akan bisa mulai menggunakan wordpress versi baru 5.0. Setiap major update versi wordpress memberikan perubahaan yang cukup besar pada platform aplikasi. Jadi Anda perlu mempersiapkan diri supaya update ke versi 5.0 berjalan lancar dan website Anda tidak mengalami gangguan.

Perubahan paling besar pada WordPress 5.0 adalah kehadiran editor baru “Gutenberg” yang penampakannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini

Gutenberg Editor

Gutenberg editor that will be shipped with WordPress 5.0

Gutenberg memperkenalkan “block” yang merupakan blok konten pada halaman website kita. Terdapat banyak jenis blok yang bisa kita tempatkan pada suatu halaman seperti paragraph, gambar, heading, galeri, list, dan masih banyak lagi. Blok ini ada yang sudah merupakan bawaan dari WordPress dan ada juga yang perlu diinstall lewat plugin seperti Stackable.

Perubahan editor ke Gutenberg akan mempengaruhi halaman lama website, dan juga theme yang terinstall. Semua halaman lama dan theme perlu diupdate supaya bisa berjalan di Gutenberg WordPress 5.0. Ada kemungkinan beberapa plugin yang Anda pakai belum diupdate supaya mendukung versi baru ini, sehingga jangan lupa dicek apabila update sudah dilakukan.

Apabila Anda tertarik untuk mendalami Gutenberg bisa membaca Gutenberg Handbook dari WordPress.  Jika ingin mencoba untuk otak atik Gutenberg tanpa perlu instalasi bisa ke Frontenberg. Apabila Anda ingin menggunakan Gutenberg sekarang juga maka bisa install sebagai plugin yang berjalan pada wordpress terakhir Anda.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa update WordPress 5.0 ini merupakan major update yang beresiko membuat tampilan website Anda mengalami gangguan. Persiapkan langkah-langkah yang diperlukan sebelum update atau Anda bisa meminta bantuan jasa pihak ketiga seperti jasa dari kami Inovasi Informatika untuk membantu migrasi website WordPress Anda ke versi 5.0.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *